oleh

Wakil Ketua MPR RI Sosialisasi Empat Pilar Kebangsaan di Konsel

Reporter: Erlin

ANDOOLO – Wakil Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) RI, H.Jazilul Fawaid mensosialisasikan empat pilar kebangsaan di Kabupaten Konawe Selatan (Konsel), Sulawesi Tenggara (Sultra), di Pendopo Rumah Jabatan Bupati (Rujab) Bupati Konsel, Jumat malam, 11 September 2020

Sosialisasi yang dibuka Bupati Konsel, H. Surunuddin Dangga ini dihadiri Sekretaris Daerah, Sjarif Sajang, Kajari Konsel, Dr.Afryllianna Purba, Kapolres Konsel, Dandim Kendari, Ketua PCNU Konel Tokoh, Masyarakat, Agama, Pemuda, PCNU, Lembaga dan Jajaran Pemerintah Konsel.

Jazilul Fawaid diawal sosialisasi menjelaskan, sesuai UU Nomor 17 tahun 2014, setiap anggota MPR memiliki tugas untuk mensosialisasikan dan memasyarakatkan empat pilar kebangsaan. “Pilar artinya tiang yang menopang sebuah bangunan. Bangsa kita akan utuh dan kuat, bila pilarnya kuat. Sebagaimana sebuah bangunan akan kokoh, bila tiangnya kokoh, demikian juga sebaliknya,” papar Jazilul.

Menurutnya, empat pilar kebangsaan tersebut yakni Pancasila, Undang-undang Dasar 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dan Bhineka Tunggal Ika. Keempat pilar itu harus dijaga dan dipelihara oleh seluruh rakyat Indonesia.

“Karena dengan memahami dan memegang teguh nilai-nilai yang terkandung dalam empat pilar ini, akan menjadi kekuatan kita sebagai bangsa untuk menghadapi berbagai tantangan internal dan eksternal bangsa,” ucapnya.

Anggota DPR RI ini juga, menyampaikan apresiasinya atas terciptanya kerukunan antar umat beragama di Konsel ditengah keanekaragaman agama dan suku. Menurutnya kerukunan tersebut cerminan penerapan dari salah satu sila dalam falsafah Pancasila yang jadi point utama dalam kegiatan sosialisasi.

“Apresiasi dan rasa syukur di daerah Konsel mampu menjalin kerukunan dan masih ada rasa persatuan yang terjaga, padahal setau saya disini ibaratnya Indonesia mini yang masyarakatnya berasal dari berbagai daerah di nusantara,” kata Jazilul.

Ia juga menjelaskan, Pemda Konsel bersama masyarakat dan forum keagamaan berhasil mengkritalisasi nilai-nilai luhur hidup Pancasila di kehidupan sehari-hari, dengan hidup bersama dan berdampingan dalam bermasyarakat dan bernegara. Dengan harapan terus dilestarikan.

Dikesempatan tersebut, Bupati Konsel, H Surunuddin Dangga menyampaikan terimakasihnya atas ditunjuknya Konsel sebagai salah satu lokasisosialisasi. Sebab, kegiatan tersebut bermanfaat untuk meningkatkan persatuan dan wawasan kebangsaan.

“Semoga dengah kehadiran dan acara sosialisasi malam ini makin menambah dan memperkokoh semangat persatuan serta kesatuan bangsa dan kebersamaan kita semua,” terangnya.

Surunuddin juga menegaskan, menjaga persatuan dan kebersamaan ditengah masyarakat majemuk merupakan syarat mutlak bagi bangsa dalam meningkatkan pembangunan dan menciptakan kesejahteraan bagi rakyatnya.

“Dan tentunya sebagai modal penting khususnya dalam membangun demi mewujudkan Desa Maju Konsel Hebat di daerah Konsel ditengah tantangan yang begitu kompleks di era revolusi industri dewasa ini,” tandasnya.

Sosialisasi ditutup dengan penyerahan cinderamata dari Bupati Konsel, H Surunuddin Dangga kepada Wakil Ketua MPR RI H.Jazilul Fawaid, dan sebaliknya, yang disaksikan ratusan peserta sosialisasi dan para pimpinan OPD lingkup Pemda Konsel yang turut hadir dalam acara tersebut.

Terkini