Target Jadi Lumbung Pangan Tahun 2045, Penyuluh di Konsel Perkuat Sinergitas

Reporter: Erlin
Editor: Kang Upi

RANOMEETO – Pemerintah Kabupaten Konawe Selatan (Konsel) berencana meningkatkan hasil produksi pertanian, untuk mengejar terget menjadi lumbung pangan di tahun 2045 mendatang.

Diungkapkan Plt. Kepala Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan (TPHP) Konsel, Nana Sudarna dalam temu teknis pemberdayaan penyuluh di salah satu hotel, Kamis, (21/11/2019).

Menurutnya, tujuan pertemuan ini, untuk mensingkronkan kegiatan dan program serta menyamakan presepsi peningkatan produksi pertanian menghadapi era 4.0 menuju lumbung pangan 2045.

Nana berharap, ada koordinasi dan sinergitas antara penyuluh untuk penguatan pelaksanakan tupoksi, sehingga dapat terwujud institusi yang kuat dengan tingkat kinerja yang baik.

“Jumlah penyuluh yang hadir sebanyak 212 penyuluh pertanian, 113 Penyuluh PNS, 54 Penyuluh THL TB, dan 45 Penyuluh Peternakan,” terang Nana.

BACA JUGA:

Sementara itu, Bupati Konsel Surunuddin Dangga menjelaskan, penyuluh merupakan pionir di masyarakat dalam peningkatan hasil pertanian di masyarakat.

“Penyuluh jangan dianggap sepele karena perannya yang terjun langsung guna peningkatan pertanian. Itulah peran kita semua sebagai pionir di bidang pertanian menuju era 4.0,” kata Surunudin.

Ia menuturkan, Era 4.0 menuntut penyuluh berfikir maju dalam memberikan pemahaman kepada masyarakat untuk meningkatan taraf ekonomi di bidang pertanian.

“Dengan konsep Desa Maju Konsel Hebat saya berharap agar kita slalu berinovasi jangan menyerah dengan alam artinya guna peningkatan penghasilan petani,” paparnya. (C)

Iklan dalam Berita Ana Wonua Distributor Oli Total