oleh

Sulitnya Login Pendaftaran CPNS, BKPSDM Konsel Koordinasi BKN dan Kemenpan-RB

ANDOOLO– Warga Konawe Selatan (Konsel), Sulawesi Tenggara (Sultra) mengeluhkan sulitnya terhubung ke situs resmi pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS), karena setiap melakukan registrasi link sscn.bkn.go.id. selalu eror. Hal ini berdampak banyaknya calon pendaftar CPNS di daerah itu terancam tidak bisa mengikuti tes tersebut.

Sejak pendaftaran CPNS melalui sistem online itu resmi dibuka pada 26 september 2018 lalu, para pendaftartar langsung berlomba-lomba mengujungi situs link yang telah disiapkan, untuk melakukan pendaftaran sampai batas waktu penutupan pendaftaran tanggal 10 semptember 2018, namun karena sulitnya mengakses situs tersebut, banyak warga yang mengurungkan niatnya untuk melakukan pendaftaran.

Mendengar banyaknya keluhan warga yang melakukan pendaftaran CPNS, membuat Pemerintah Daerah (pemda) Konsel dalam hal ini, Badan Kepegawaian dan Pemberdayaan Sumber daya Manusia (BKPSDM) mengeluarkan statmen akan berusaha berkoordinasi dengan pemerintah pusat agar memperpanjang proses rekrutmen CPNS khususnya wilayah Konsel.

“Banyaknya keluhan pendaftar yang sulit untuk login ke link sscn. bkn. go. id, kami berinisiatif melakukan konsultasi Badan Kepegawaian Negara (BKN) dan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan- RB) mengenai hal ini, agar pendaftar di Konsel bisa mudah mengakses situs pendaftaran, kalau perlu waktu pendaftaran di Konsel bisa diperpanjang,” ungkap Kepala BKPSDM Drs.Madilaa, kepada Mediakendari.com, Selasa (2/10/2018).

Dikatakannya, dalam waktu dekat ini pihaknya akan mengirim timnya ke BKN dan Kemenpan-RB untuk mengkoordinasikan terkait keluhan tersebut dan meminta perpanjangan rekrutmen CPNS 2018, meskipun sebelumnya telah ditetapkan batas pendaftaran CPNS ini yakni tanggal 10 Oktober 2018. Dan untuk mempermudah pendaftaran CPNS di Konsel, pihaknya telah menyiapkan blanko surat lamaran kerja, surat pernyataan tidak akan mengajukan pindah tugas dan surat pernyataan tidak pernah dipidana.

“Ketiga persyaratan tersebut sebenarnya sudah ada di situs resmi pendaftaran CPNS dan tinggal download saja, namun dikarenakan jaringan yang tidak mendukung dan sering eror setiap membuka situs pendaftaran, maka kami antisifasi dengan cara menyiapkannya jika ada sewaktu-waktu pendaftar yang membutuhkannya,”ungkapnya.

Madilaa menambahkan, berdasarkan data admin BKPSDM Konsel untuk pendaftar CPNS yang telah melakukan registrasi diperkirakan sekitar 300 orang. Namun, jumlah tersebut bisa saja bertambah, karena batas pendaftarannya masih tersisa berapa hari lagi. (b)


Reporter: Erlin


Terkini