oleh

Ribuan CJH Konsel “Berebut” Kuota Berhaji 2021 yang Cuma Puluhan Saja

Reporter : Erlin
Editor : Ardilan

KONAWE SELATAN – Sebanyak 2.873 orang calon jemaah haji (CJH) Kabupaten Konawe Selatan (Konsel) hingga saat ini “berebut” kesempatan melaksanakan ibadah haji di tahun 2021.

Padahal kuota jemaah calon haji (JCH) yang disiapkan Kementerian Agama (Kemenag) Konsel cuma berjumlah puluhan saja atau tepatnya 74 orang saja

Pramuka

“Hampir setiap hari mengalami kenaikan. Jadi setiap calon Jemaah Haji akan menunggu antrian selama 23 tahun,” ungkap Kepala Kemenag Konsel Joko, kepada MEDIAKENDARI.Com, Jumat 19 Februari 2021.

Kata Joko, jendati belum ada kepastian soal pemberangkatan haji tahun ini karena pandemi Covid-19, pihak Kemenag Konsel tetap melakukan persiapan kepada para CJH. Hal itu dilakukan untuk mengantisipasi
apabila pemerintah kembali membuka pelaksanaan ibadah tahun ini.

“Kami di daerah tetap melaksanakan proses seperti biasa terkait dengan pendaftaran yang baru maupun kuota berangkat. Jadi sebelum ada ketentuan dari pemerintah apakah batal atau tidak maka seluruh proses persiapan tetap kami jalankan,” terangnya.

Joko menjelaskan jenis persiapan itu diantaranya persiapan dokumen maupun kesehatan. Seperti perpanjangan paspor atau pemeriksaan kesehatan hingga kegiatan praktik peragaan manasik haji.

“Menjaga kebugaran (jemaah) itu sekarang dipersiapakan bekerja sama dengan dinas kesehatan, mereka ada pengukuran suhu, tes kesehatanya yang lain, itu kita bagi per zona. Karena daerah kita luas,” tambahnya.

Rencananya, beber Joko, 26 Februari mendatang Kemenag konsel akan melaksanakan kegiatan manasik mandiri yang akan digelar di tiga titik daerah itu.

“Jadi tetap kita lakukan persiapan sambil menunggu keputusan jadi atau tidak pemberangkatan,” tandasnya.

Terkini