Resmikan Gedung IGD, BLUD RSUD Konsel Gelar Operasi Katarak Gratis

Reporter: Erlin
Editor: Kardin

ANDOOLO – Sebanyak 100 pasien katarak mendapatkan layanan operasi secara gratis dari Pemerintah Daerah (Pemda) Konawe Selatan (Konsel). Selain itu, diberikan pula kacamata baca anak secara gratis kepada 25 santri Pondok Pesantren Min Hajjut Thulab.

Pengobatan dan bantuan kacamata tersebut diberikan dalam rangkaian acara peresmian Intalasi Gawat Darurat (IGD) Rumah Umum Sakit Daerah (RSUD) Konsel yang dikemas dalam kegiatan “Kita Peduli” yang peresmiannya ditandai dengan penandatanganan prasasti oleh Bupati, Surunuddin Dangga dan pengguntingan Pita oleh Kepala Kejari Konsel, Aprilyana Purba. Senin, (13/1/2012).

Penyerahan dana bantuan operasi katarak dan kacamata anak senilai Rp 107.500.000 merupakan hasil kerjasama antara Pemda Konsel bersama pihak BSM yang juga dirangkaikan dengan donor darah dan simposium serta workshop kesehatan.

Surunuddin Dangga menyampaikan, pembangunan Gedung IGD dilakukan dalam rangka peningkatan pelayanan kesehatan yang lebih prima kepada masyarakat. Juga sebagai bentuk realisasi komitmen bersama Arsalim saat pertama dilantik sebagai Kepala Daerah terpilih yang akan meningkatkan kepasitas dan kualitas di bidang kesehatan dengan membangun dan merevitalisasi sarana dan prasarana RS serta Puskesmas.

Selain IGD, di tahun 2020 ini, Surunuddin juga akan membangun ruangan spesial bedah yang lebih refresentatif, termasuk memperluas RSUD dan menyediakan tenaga dokter ahli.

Namun menurutnya, semua yang telah dibangun dan direncanakan akan sia-sia jika tidak dibarengi dengan pelayanan maksimal oleh setiap tenaga kesehatan yang bertugas.

Ia menginginkan agar ketika ada pasien yang membutuhkan bantuan medis mendadak di IGD, petugas kesehatan wajib mendahulukan pertolongan dibanding pemenuhan syarat administrasi.

“Saya minta ketika ada pasien membutuhkan penanganan medis di IGD, agar segera ditolong, nanti belakangan urusan adminnya, termasuk kita akan siapkan Ambulance antar jemput pasien,” ujarnya.

Terkait hal itu, Surunuddin berharap pimpinan Dinkes dan RSUD dapat menangkap pesan yang dimaksud dan mengimplementasikan sesegera mungkin, di mana masyarakat tinggal memesan ambulance ketika membutuhkan melalui pesan singkat atau via WhatsApp.

Mengakhiri sambutanya mantan Ketua DPRD Konsel ini menyampaikan terima kasih kepada BSM atas dukungan pengobatan gratis dan pemberian kacamata tersebut, seraya berharap kerjasama dapat terbangun secara berkelanjutan.

Sementara itu dalam laporannya, Direktur RSUD Konsel, dr Bony L Pramana mengatakan, anggaran pembangunan gedung tersebut sebesar Rp 13,9 miliar, bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) dengan harapan pelayanan kesehatan di Konsel makin meningkat didukung ketersediaan tenaga dokter dan kesehatan lainnya yang lebih profesional.

“IGD dilengkapi fasilitas Ruangan Resusitasi (jantung), Kamar Bersalin, Ruang isolasi, Ruang Tindakan, dan Ruang Observasi yang dapat melayani seluruh penyakit emergency,” terangnya.