oleh

Rapat Paripurna Istimewa, DPRD dan Pemda Bahas Sejarah dan Keberhasilan Konsel

ANDOOLO – DPRD Kabupaten Konawe Selatan (Konsel) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra), gelar Rapat Paripurna Istimewa dalam rangka memperingati HUT Konsel ke 15 Tahun serta memperingati Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas), di gedung rapat paripurna DPRD Konsel. Senin. (30/4/2019).

Dalam sambutannya, Ketua DPRD Konsel, Irham Kalenggo mengatakan, dalam beberapa hari lagi, seluruh masyarakat Konsel akan merasakan kegembiraan dan ucapan syukur karena merayakan HUT ke 15 wilayah tersebut.

Dengan usia 15 Tahun katanya, mengingatkan kembali perjuangan masyarakat untuk lahirnya suatu daerah otonom baru melalui proses yang cukup panjang dengan berbagai pengorbanan baik moril maupun materil.

Sehingga lahirlah UU No 4 Tahun 2003 tentang Pembentukan Kabupaten Konawe Selatan dan diresmikan oleh Mendagri pada tanggal 2 Mei 2003 sekaligus pelantikan Pejabat Konsel.

BACA JUGA: Bahas Persoalan Tambang, Komisi III DPRD Konsel Gelar KAD di Kalimantan Timur

“Oleh karena itu sepatutnya pada kesempatan ini saya atas nama Pimpinan dan Seluruh Anggota DPRD Konsel menyampaikan terimakasih dan penghargaan setinggi-tingginya kepada semua pihak yang terlibat dan seluruh lapisan masyarakat atas prakarsa, perjuangan dan pengorbanannya,” paparnya.

Dengan memasuki tahun politik katanya, ia berharap agar perbedaan pandangan maupun pendapat bukanlah jadi suatu masalah yang mengakibatkan perpecahan diantara, melainkan sebagai pemicu semangat untuk menggugah kesadaran, sekaligus untuk berinstropeksi merenung serta menelaah tentang apa yang telah dan akan diperbuat untuk Konsel.

“Sebagai pimpinan DPRD saya menyadari bahwa membangun Konsel tidak bisa dilakukan hanya satu lembaga saja, akan tetapi harus terjalin kerja sama yang erat antar lembaga di daerah dan peran serta juga partisipasi semua elemen masyarakat,” urainya.

Sementara itu, Bupati Konsel, Surunudin Dangga dalam sambutannya mengatakan, diusia 15 Tahun perjalanan sebagai daerah otonom, tentunya Konsel sudah banyak pembangunan yang telah dilakukan sampai sekarang, mulai dari infrastruktur dasar pemerintahan sampai dengan pembangunan seperti jalan dan jembatan.

“Selama masa kepemimpinan kami Angka kemiskinan menurun dari 11,36 persen atau 33.940 jiwa tahun 2016 dan 9.72 persen atau 29.740 jiwa tahun 2017,” katanya.

Ia juga menyebutkan, pemerintah bersama dengan DPRD juga instansi terkait telah bekerja dengan baik dan berhasil memperoleh sejumlah prestasi.

“Seperti Penetapan Konsel sebagai salah satu Kawasan Pedesaan Prioritas Nasional (KPPN) dari 14 KPPN di Indonesia, sebagai lokasi Pengembangan Bibit Sapi Bali dari Kementerian Pertanian RI, Meraih Opini WTP dari BPK RI dan peningkatan DAK mencapai 75.81 persen tahun 2018 serta berbagai prestasi lainnya,” jelas Surunuddin.


Reporter: Erlin
Editor: Kardin

Terkini