oleh

Pertama Kali, Pemda Konsel Raih Penghargaan Sebagai Kabupaten Peduli HAM

ANDOOLO – Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Konawe Selatan (Konsel), Sulawesi Tenggara (Sultra) dianugerahi penghargaan sebagai Kabupaten Peduli Hak Asasi Manusia (HAM).

Penghargaan itu, diserahkan langsung oleh Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumham), Yasonna Laoly, kepada Bupati Konsel, pada Minggu (10/12).

Bupati Konsel, Surunuddin Dangga mengatakan, walaupun untuk pertama kalinya, penganugerahan tersebut adalah bukti keseriusan dalam mewujudkan kewajiban dan tanggung jawab Pemda Konsel terhadap penghormatan, Perlindungan, Pemenuhan, Penegakan dan Pemajuan HAM.

“Ini sejalan dengan tagline kita, Desa Maju Konsel Hebat dalam melindungi dan menerapkan produk hukum kepada Masyarakat terkait isu peduli HAM berdasarkan implementasi Perpres Nomor 75 Tahun 2015 tentang Rencana Aksi Nasional Hak Asasi Manusia dan sesuai regulasi khusus Permen Hukum dan HAM Nomor 34 Tahun 2017 yang mengatur kriteria penilaian kota peduli HAM,” terang Surunuddin usai menerima piagam penghargaan, Minggu (10/12).

Surunuddin juga berharap, dengan penganugerahan sebagai kabupaten Peduli HAM, kesadaran masyarakat Konsel semakin meningkat dengan membantu mengontrol, mengawasi serta mencegah perilaku menyimpang dalam hidup bermasyarakat dan bernegara.

“Kami harapkan kesadaran hukum warga Konsel makin meningkat dengan terlibat langsung di setiap kesempatan dan kegiatan pencegahan pelanggaran HAM terutama berkaitan dengan penyalahgunaan dana pemerintah,” harapnya.

Sementara itu, Kepala Bagian (Kabag) Hukum Setda Konsel, Pujiono mengungkapkan, penganugerahan sebagai Peduli HAM karena dinilai berhasil membangun kesadaran masyarakat akan produk hukum, dengan terpenuhinya tujuh aspek kriteria yang ditetapkan oleh Kemenkumham.

“Tujuh aspek itu adalah hak atas kesehatan, pendidikan, Perempuan dan anak, kependudukan, pekerjaan, perumahan yang layak dan hak atas lingkungan yang berkelanjutan,” urainya.

Untuk diketahui, dari 17 kabupaten/kota di Sultra ada sembilan daerah yang mendapatkan penghargaan Peduli HAM, diantaranya Kabupaten Konsel, Kolaka, Konawe Kepulauan, Buton, Buton Utara, Buton Tengah, Buton Selatan, Kota Kendari dan Kota Bau-Bau.

Reporter: Erlin
Editor: Jubirman

Terkini