oleh

Peringati HAB Kemenag RI ke 72, Bupati Konsel: Jangan Lagi Kerja Seperti Kacamata Kuda

ANDOOLO – Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Konawe Selatan (Konsel), Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) menggelar Upacara memperingati Hari Amal Bhakti (HAB) Kementerian Agama RI ke 72 yang di pimpin oleh Bupati Konsel H. Surunuddin Dangga di Halaman Kantor Departemen Agama (Depag) Konsel, Rabu (3/1/2018).

Peringatan hari jadi Kemenag RI kali ini mengambil Tema Tebar Kedamaian yang turut dihadiri Wakil Bupati Konsel Arsalim Arifin, Ketua DPRD, Irham Kalenggo, Wakapolres Konsel, Kompol Rahman Dundu, Kepala Kantor Depag, Adnan Saufi, Pimpinan dan staf SKPD lingkup Pemda Konsel, Instansi Vertikal, Guru, Operator dan Siswa/i Raudathul Athfal (RA) Madrasah se-Konsel.

Dalam sambutannya selaku Inspektur Upacara, Surunuddin Dangga yang membacakan sambutan Menteri Agama RI, Lukman Hakim Saifuddin, mengatakan bahwa hari ini adalah hari yang paling membanggakan bagi keluarga besar Kemenag karena pada tanggal 3 Januari 1946 Kemenag resmi berdiri dan pertama kalinya RI memiliki Kementerian di bidang Agama sebagai bagian dari perangkat bernegara dan berpemerintahan.

“Kemenag hadir untuk mengatur, membimbing, melayani, serta melindungi semua pemeluk agama dalam NKRI, yang pelaksanaan tugas dan fungsinya menyertai denyut nadi kebangsaan kita,” kata Surunuddin.

Ia juga memaparkan,melihat amat pentingnya tugas tersebut, maka pada setiap diri Aparatur Kemenag melekat beberapa misi yang saling terkait, diantaranya mengayomi bangsa dengan bimbingan kehidupan beragama yang berkualitas, melebarkan akses pendidikan agama dan keagamaan bermutu, memberikan pelayanan keagamaan sesuai kebutuhan serta menjaga kerukunan hidup antar umat beragama.

“Jadi kita tidak boleh lagi bekerja seperti kacamata kuda yang minim kepedulian terhadap sekitar, dengarlah aspirasi dari berbagai arah agar kita capai target kinerja sekaligus memenuhi harapan publik, dengan bekerja sesuai istilah Agama, Dahulukan yang Terpenting Dari Pada yang Penting,” terangnya.

Suasana saat istirahat pada peringatan HUT Kemenag RI ke 72 di Konawe Selatan. (Foto: Erlin)

Usai pelaksanaan Upacara, Surunuddin yang didampingi wakilnya, Arsalim Arifin dan Kandepag Konsel, Adnan Saufi memberikan penghargaan kepada Guru dan Pengawas serta Operator RA/Madrasah terbaik lingkup Kanwil Kemenag Prov Sultra Tahun 2017 untuk daerah terpencil, daerah tertinggal serta daerah rawan bencana sesuai Surat Keputusan (SK) Kakanwil Kemenag Prov Sultra dengan No. 315 Tahun 2017 pertanggal 29 Desember 2017.

Ditemui terpisah, Kandepag Konsel, Adnan Saufi mengatakan sesuai Tema HAB ke 72 Bersih Melayani, berjanji untuk kedepannya diri dan seluruh jajarannya akan tulus dan melayani sebaik-baiknya kepada masyarakat Konsel yang berdampak positif.

“Seperti tidak adanya Pungli dan saya akan berkantor keliling setiap hari Jumat untuk melalukan Bedah Rumah, Sekolah dan Masjid setiap Triwulan, sehingga kehadiran Kemenag Konsel terasa di tengah-tengah masyarakat,” terangnya.

Reporter: Erlin
Editor: Kardin

Terkini