oleh

Pemda Konsel Shalat Ied di Masjid Raya, dan Qurban 121 Sapi serta 18 Kambing

ANDOOLO – Pemerintah Kabupaten Konawe Selatan (Konsel) menggelar Shalat Idul Adha 1439 H/2018 M yang di hadiri Bupati H. Surunuddin Dangga, Wabup H. Arsalim Arifin, Sekda H. Sjarif Sajang, Ketua DPRD Irham Kalenggo, serta Ketua TP-PKK Konsel Hj. Nurlin Surunuddin dan Ketua Dharma Wanita Persatuan (DWP) HJ. Ariaty Sjarif bertempat di Masjid Raya Kabupaten, Rabu (22/8/2018).

Shalat Idul Adha tersebut juga di hadiri para kepala OPD dan Bagian Lingkup Pemda Konsel, dimana bertindak sebagai Imam, Kabag Kesra Setda, Hamlin S Ode Makka dengan Khatib Ketua NU Wilayah Konsel yang juga Pimpinan Pondok Pesantren Min Hajjud Thullab, Ustadz Wildan Habibi yang juga di padati ribuan jamaah yang berdomisili di sekitar Ibu Kota Kabupaten.

Bupati Konsel, H. Surunuddin Dangga dalam sambutannya mengatakan, dengan momentum hari raya Idul Adha ini, mengajak masyarakat senantiasa bersama-sama menjaga Iman dan taqwa serta meningkatkan kepekaan sosial.

“Dengan harapan turut di barengi dengan berkembangnya tingkat perekonomian seluruh masyarakat, khususnya kaum muslimin sehingga makin banyak warga kita yang ke tanah suci melaksanakan rukun iman yakni menunaikan ibadah haji demi terciptanya masyarakat maju dan religius,” ucapnya.

Menurut Surunuddin, dengan merayakan hari raya Qurban ini, semua bisa mengambil hikmah dari kisah Nabi Ibrahim dan anaknya yang jika di aplikasikan dalam kehidupan sehari-hari.

“Jadi, atas nama pribadi dan seluruh jajaran Pemkab Konsel, saya mengucapkan selamat Hari Raya Idul Adha 10 Dzulhijah 1439 H/2018 M. Mohon maaf lahir dan batin,” tutup Surunuddin.

Sedangkan dalam khutbahnya, ustadz Wildan Habibi mengatakan jika berbicara Idul Adha maka yang terlintas dalam benak kita adalah Nabiyulah Ibrahim Al Khalil, beliau sosok yang di cintai oleh Allah SWT.

“Kenapa di beri gelar Al-Khalil? karena beliau mampu mengorbankan yang ia cintai demi perintahNYA, dalam suatu kisah heroik dan menegangkan yang merupakan sebuah penghayatan akan dialog ketuhanan antara malaikat Jibril dan Nabi Ibrahim serta Ismail, yang di jalankan dengan tuntas dan baik,” ucapnya.

Dari cerita tersebut, kata Wildan, ada beberapa pesan yang dapat kita pelajari, yakni figur Nabi Ibrahim sebagai seorang bapak yang berhasil mendidik anaknya menjadi anak shaleh yang dididik sejak dini dengan ilmu agama yang juga selalu mendoakan anaknya agar menjadi anak teladan yang berbakti kepada orang tuanya, dan sebagai orang tua atau sebagai pemimpin jangan hanya berkata saja tapi juga memberi contoh.

Mengakhiri khutbahnya, Ustadz Wildan mendoakan seluruh masyarakat Konsel agar mendapat hidayah sehingga tetap beriman dan tidak tersesat kejalan yang salah juga bisa lebih sejahterah, serta mendoakan bupati dan wabup agar menjadikan pemimpin yang tergetar hatinya ketika melihat rakyatnya kesusahan serta menjadi pemimpin yang amanah sehingga bisa mewujudkan desa yang aman, makmur dan penuh barokah.

Usai pelaksanaan shalat, Bupati di dampingi Wabup, Sekda, Ketua DPRD, Ketua TP-PKK, Ketua DWP dan para pimpinan OPD menyerahkan secara simbolis hewan kurban kepada panitia kurban dengan total 139 ekor yang terdiri dari 121 ekor sapi dan 18 ekor kambing, yang kemudian akan langsung dibagikan kepada orang-orang yang membutuhkan, yang mana secara pribadi Bupati menyumbangkan 3 ekor Sapi, Wabup 1 ekor, Setda 1 Ekor, yang sisanya hasil sumbangan instansi OPD lingkup Pemkab dan pihak swasta.(a)


Reporter : Erlin

Terkini