oleh

Pemda Konsel Latih Pelaku UMKM Ranbar Tentang Manajemen Permodalan

-KONAWE SELATAN-85 dibaca

Reporter : Erlin

Editor : Kang Upi

RANOMEETO BARAT – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Konawe Selatan (Konsel) melalui Dinas Koperasi Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) menggelar pelatihan manajemen pengelolaan permodalan bagi pelaku Usaha Mikro Kecil Menangah (UMKM) Kecamatan Ranomeeto Barat (Ranbar).

Kegiatan tersebut dibuka Asisten II Bidang Ekonomi dan Pembangunan Setda Konsel , Ir. Armansyah, di Aula Kantor Kecamatan Ranomeeto Barat, Rabu, (19/12/2018).

Turut hadir dalam kegiatan ini, Kepala DisKop UMKM, Drs. Djussachri dan Ketua DPRD Konsel, Irham Kalenggo, S.Sos., M.Si.

“Kegiatan ini punya andil dalam mengembangkan perekonomian UMKM, yang sejalan dengan agenda program penbangunan Pemkab yang dituangkan dalam jargon Desa Maju Konsel Hebat menuju masyarakat sejahtera, amanah, religius dan berbasis pedesaan,” kata Armansyah dalam sambutannya.

Diungkapkannya, bahwa Pemda mendorong seluruh pelaku UMKM, khususnya di Ranbar untuk mengembangkan usahanya dengan memperhatikan 4 aspek pengelolaan yang baik, yaitu, pengelolaan manajemen keuangan (permodalan), SDM, operasional, serta pengelolaan pemasaran.

“Dan yang terpenting pengeloaan penggunaan kredit usaha rakyat yang baik, benar dan tepat sasaran sehingga terhindar dari macet,” jelasnya.

Ia juga menambahkan, UMKM menjadi tanggung jawab bersama pemerintah, olehnya itu Pemda memberikan pelatihan menggunakan dana APBD untuk membantu pelaku UMKM agar dapat tumbuh dan berkembang dari tahun ke tahun.

“Olehnya itu saya mengajak kepada seluruh peserta agar dapat mengikuti pelatihan dengan baik dan serius, agar nantinya menjadi pelaku UMKM yang handal dan sukses sehingga dapat meningkatkan taraf perekonomian masyarakat kita dan dapat bersaing dengan daerah lain,” tandasnya. (b)


Terkini