oleh

Pemda Konsel dan Kendari Jalin Kerjasama Kembangkan Ekonomi Lokal

Reporter : Erlin

KONAWE SELATAN – Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Konawe Selatan (Konsel) dan Pemda Kota Kendari menjalin kerjasama untuk mengembangkan ekonomi lokal.

Keduanya bersepakat meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan peningkatan kesejahteraan masyarakat melalui pemanfaatan potensi komoditas unggulan yang dimilikinya dengan menggandeng Kemendagri, Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Bappenas dan Pemerintah Kanada melalui projects National Support for Local Investment Climate (NSLIC)/National Support for Local and Regional Economic Development (NSELRED).

Pramuka

Difasilitasi NSLIC/NSELRED, kedua pihak melaksanakan Penandatanganan Kesepakatan Bersama Dalam Kerjasama Daerah Dengan Daerah (KSDD) disaksikan Direktur Proyek NSLIC/NSELRED, Cavelle Dove secara daring dan luring oleh Asisten II Setda Pemprov Sultra , Suharno, Wakil Bupati Konsel, dan Wali Kota Kendari, Sulkarnain di salah satu hotel di Kendari, Kamis 21 Oktober 2021.

Baca Juga: Genjot Vaksinasi 50 Persen, Bupati Bombana : Tidak Bisa dengan Cara Reguler

Kerjasama ini juga merupakan bagian dari kebijakan nasional Bappenas dalam rangka percepatan pengembangan ekonomi lokal yang dimiliki Kabupaten Konsel dan Kota Kendari. Khususnya pada sektor pertanian, peternakan, perikanan, perdagangan, perhubungan, pariwisata, komunikasi dan informasi.

Bidang pertanian kerja sama yang dilakukan adalah perdagangan sayur mayur (tomat, cabe, mentimun, kangkung) dan hasil pertanian dan perkebunan lainnya. Di bidang peternakan mencakup perdagangan sapi potong untuk kebutuhaan Rumah Pemotongan Hewan (RPH) Kota Kendari dan penyediaan pakan unggas untuk peternak unggas di Kabupaten Konawe Selatan.

Sedangkan pada bidang pariwisata, yang dikerjasamakan berupa peningkatan Sumber Daya Manusia  dan Promosi Pariwisata, diantaranya Air terjun Moramo dan Wisata Desa Namu.

Mewakili Gubernur Sultra, Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan dalam sambutannya di acara penandatanganan ini menyebutkan

“Pemerintah Provinsi Sulawesi Tenggara menyambut baik kerjasama antar daerah kabupaten/kota di Sulawesi Tenggara sebagai salah satu upaya meningkatkan nilai ekonomi dari komoditas atau sektor unggulan di masing-masing daerah, serta merupakan upaya transformasi ekonomi yang diharapkan dapat meningkatkan daya saing dan perekonomian daerah dengan memanfaatkan sumber-sumber daya lokal secara sinergis dan meningkatkan kerja sama antarpelaku (public-private partnership) dalam pengelolaan sumber-sumber daya ekonomi daerah,” ungkap Gubernur Sultra, H Ali Mazi, SH melalui Asisten II Setda Pemprov Sultra, Suharno.

Baca Juga: Binda Sultra Bakal Laksanakan Vaksin di Bombana

Direktur Proyek NSLIC/NSELRED, Cavelle Dove melalui virtual berharap bahwa kerja sama daerah yang dilakukan oleh dua daerah ini dapat menjadi inspirasi bagi kabupaten/kota lainnya di Sultra pada khususnya, dan di seluruh Indonesia pada umumnya.

“Pembelajaran dan praktik baik di Sulawesi Tenggara ini diharapkan dapat direplikasi oleh kabupaten/kota lainnya dalam rangka meningkatkan kesejahteraan rakyat dan daya saing daerah,” katanya.

Sementara itu, Bupati Konsel, Surunuddin Dangga melalui Wakil Bupati Konsel, Rasyid mengatakan pihaknya mengapresiasi NSLIC dan Pemprov Sultra atas fasilitasi kerjasama dengan Pemkot Kendari dalam rangka pengelolaan sumberdaya daerah.

Menurutnya, kerjasama ini telah berjalan secara alamiah. Namun dengan adanya kesepakatan bersama bisa lebih menguatkan dan memberikan kepastian pasar hasil komoditas pertanian, perkebunan dan peternakan yang ada di Konsel.

“Kita apresiasi kegiatan ini, yang secara langsung mendorong produksi dan kesejahteraan masyarakat serta melahirkan pengusaha dan petani millenial baru, karena adanya kepastian pangsa pasar,” kata Rasyid.

Baca Juga: Wali Kota Kendari Lepas Atlet Balap Sepeda ke Kejurnas

Mantan Legislator Sultra ini berharap lingkup kesepakatan tertulis ini bisa lebih ditingkatkan pada aspek lain dan dikembangkan pada lintas Provinsi. Sebab, selain memberikan motivasi baru bagi para petani, peternak dan profesi bidang lainnya, tentunya mampu meningkatkan sumber PAD Konsel.

“Kita sadar setiap daerah tidak bisa berdiri sendiri dalam memenuhi kebutuhan atau mengurangi keterbatasannya. Sehinga melalui KSDD ini diharapkan dapat membangkitkan perekonomian daerah dalam rangka peningkatan kesejahteraan masyarakat dan percepatan pemenuhan pelayanan publik. Serta berkelanjutan danmenciptakan multiplayer effect di kedua daerah,” tandasnya.

Terkini