oleh

Pemda Konsel Canangkan Namu Jadi Desa Wisata

LAONTI – Pemerintah Daerah (Pemda) Konawe Selatan (Konsel), Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) sedang mencanangkan Desa Namu Kecamatan Laonti sebagai Desa Wisata.

Hal itu dilakukan karena Desa Namu telah masuk dalam Program Wisata Nasional Nasional dan telah di setujui oleh Presiden RI melalui Dewan Pertimbangan Presiden (Watimpres) saat berkunjung beberapa waktu lau.

Dalam sambutan perayaan akhir tahun 2017 di Desa Namu, Bupati Konsel, Surunuddin Dangga mengatakan, perayaan tersebut dilaksanakan bukan hanya sekedar untuk hura-hura semata, tetapi merupakan bagian dari promosi wisata. Sebagai bentuk kepedulian Pemda Konsel dalam mengembangkan serta mengangkat dan memajukan wilayah tersebut dari status desa terpencil.

Perayaan yang berlangsung meriah itu diisi pula beberapa kegiatan seni dan pelantikan pengurus masyarakat sadar wisata sekaligus penandatanganan prasasti pencanangan Desa Namu menjadi Desa Wisata Kabupaten Konsel oleh Surunuddin Dangga, Wakil Bupati, Arsalim Arifin berserta jajaran SKPD lingkup Konsel dan Ketua DPRD Konsel, Irham Kalenggo juga para Kepala Desa.

“Ini sebagai bukti nyata kalau pasangan Surunuddin-Arsalim benar-benar bekerja nyata untuk mensejahterakan seluruh warga Konsel termasuk Desa Namu ini dengan memetakan potensi yang ada di setiap wilayah,” kata Surunudin diperayaan akhir tahun 2017, pada Minggu malam (31/12).

Lanjutnya, dengan terbentuknya Desa Namu menjadi tujuan Wisata, diharapkan seluruh warga dan pihak terkait agar senantiasa bersinergi dan bahu-membahu menjaga daerah agar selalu bersih, menjaga kelestarian alam dan keamanannya serta bersikap ramah terhadap sesama warga, terlebih kepada wisatawan yang sedang berkunjung.

“Untuk mendukung Program ini, Pemda Konsel telah menganggarkan pembangunan infrastruktur untuk menambah dan melengkapi sarana dan prasarana Desa Wisata Namu agar lebih menarik para visitor,” jelasnya.

Surunuddin juga menerangkan, saat ini Pemda Konsel sedang giat mengerjakan jalan darat agar lebih memudahkan para wisatawan dan tidak mesti harus menggunakan jalur transportasi laut untuk sampai ke Desa Wisata Nammu.

“Kami sudah mapping area sesuai unggulan desanya dalam bentuk kawasan seperti Pertanian, Perkebunan, Perikanan air tawar dan laut, Kawasan Wisata maupun Kawasan bibit Sapi dan sebagainya,” bebernya.

“Tentunya semua bertujuan untuk meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan masyarakat Kecamatan Laonti, Desa Namu Khususnya sesuai tagline kami Desa Maju Konsel Hebat,” tutup Surunuddin

Reporter: Erlin
Editor: Kardin

Terkini