oleh

Pemda Konsel Bakal Wajibkan ASN Gunakan Tenun Khas Daerah

ANDOOLO – Pemerintah Daerah Konawe Selatan (Konsel) melalui Dinas Pariwisata menyelenggarakan Workhsop Motif Tenun Khas Daerah agar dapat dipergunakan oleh Aparatur Sipil Negara.

Dalam sambutannya, Bupati Konsel, Surunuddin Dangga menyampaikan, motif tenun merupakan indentitas kearifan lokal masyarakat yang perlu didukung penuh. Tanpa melupakan adat istiadat, dalam pembuatan motif tenun tersebut, harus sesuai dengan ciri khas wilayah Konsel yang memiliki berbagai macam etnis.

“Tenunan khas kita juga harus memiliki karakteristik yang menjadi alat pemersatu dan bisa dipergunakan bukan hanya oleh tokoh adat, tapi bisa dipakai seluruh ASN Konsel setiap Kamis atau hari-hari tertentu,” ujar Surunuddin di salah satu hotel di Kendari, Minggu (03/12).

Apapun hasil dari kesepakatan pemilihan motif, lanjut Surunuddin, Pemda Konsel siap menerima dan mewajibkan seluruh ASN agar menggunakannya serta membantu mempublikasikan tenunan tersebut.

“Saya harap usai pertemuan ini, sudah ada kesimpulan atau keputusan dari para tokoh adat tentang ciri khas motif tenun yang akan kita pakai nanti,” tutupnya.

Reporter: Erlin
Editor: Kardin

Terkini