oleh

Maksimalkan Peran Pengawasan, Pemda Konsel Sosialisasikan TP4D dan APIP

ANDOOLO – Pemerintah Kabupaten Konawe Selatan (Konsel) menggelar kegiatan sosialisasi dan koordinasi Program Tim Pengawal, Pengaman Pemerintahan dan Pembangunan Daerah (TP4D) dan peran Aparat Pengawas Intern Pemerintah (APIP) yang dibuka langsung oleh Bupati Konsel, Surunudin Dangga bertempat di Wonua Monapa Resort Ranomeeto, Selasa (15/5/ 2018).

Dalam sambuntannya Surunudin menjelaskan, guna mewujudkan visi dan misi Konsel, pihaknya berkomitmen tinggi untuk mewujudkan pemerintahan yang berwibawa, transparan dan bertanggung jawab yang menerapkan prinsip-prinsip anti Korupsi.

Katanya, Pemda memberikan apresiasi dan mendukung sepenuhnya keberadaan TP4D di Konsel, juga berdasarkan Keputusan Jaksa Agung yang merupakan tindak lanjut dari Instruksi Presiden Nomor 7 Tahun 2015 tentang Aksi Pencegahan dan Pemberantasan Korupsi.

“Melalui kesempatan ini pula, tambahnya, karena sesuai UU No 6 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Desa yang mempunyai kewenangan besar dalam mengelola keuangan dan pembangunan desa. Saya mengingatkan dan mengajak khusus untuk Kepala Desa agar berhati-hati dalam memanfaatkan anggaran,” tegasnya.

Selain itu, mengingat beberapa waktu lalu telah terjadi teror di Indinesia, Surunudin juga mengintruksikan Camat dan Kepala Desa agar meningkatkan kewaspadaan dengan memantau kegiatan-kegiatan yang bersifat radikal di wilayah masing-masing.

“Jika ada yang mencurigakan segera ditindaki dengan bekerjasama dengan pihak Kepolisian maupun TNI,” imbau Surunudin.

Sementara itu Kepala Inspektorat Konsel, Mujahidin menyampaikan, dasar pelaksanaan kegiatan tersebut adalah sesuai penjabaran APBD Inspektorat Konsel Tahun Anggaran 2018 dan merupakan program kerja pengawasan tahunan Inspektorat daerah Konsel.

Selai itu katanya, sebagai salah satu upaya untuk memaksimalkan peran pengawasan di daerah melalui pengawalan dan pengamanan, baik dalam kegiatan perencanaan, pelaksanaan, maupun pemanfaatan hasil pembangunan.

“Ini juga sebagai upaya untuk mencegah timbulnya penyimpangan dan kerugian daerah dengan tujuan untuk memberikan pengetahuan dan pemahaman tentang peran dan fungsi TP4D dan APIP bagi percepatan pembangunan di Konsel,” imbuhnya.


Reporter: Erlin
Editor: Kardin

Terkini