oleh

Longsor di Gunung Abari Penyebab Kemacetan Panjang Poros Kendari-Andoolo

LAEYA – Jalan Lintas Kendari-Andoolo yang terletak di Desa Anduna Kecamatan Laeya Kabupaten Konawe Selatan (Konsel), tepatnya di Gunung Abari, sempat terjadi kemacetan kendaraan yang cukup panjang.

Hal tersebut disebabkan jalan mengalami longsor diakibatkan hujan yang terus mengguyur wilayah tersebut kususnya diwilayah Konsel yang berlangsung selama beberapa minggu terakhir.

Seperti dikatakan Kasat Lantas Polres Konsel, Iptu Izhak saat dikonfirmasi diruang kerjanya, Kamis, (5/7/2018).

“Kita tau saat ini kususnya wilayah Konsel mengalami cuaca yang kurang baik, berminggu minggu hujan. Akibatnya, jalan penghubung beberapa kabupaten itu longsor sehingga menyebabkan kemacetan yang cukup panjang,” jelasnya.

Selain itu, kemacetan juga disebabkan oleh pengemudi dari dua arah yang berbeda tidak bisa bersabar melewati jalan dengan tertib.

“Pengemudi kendaraan dari arah Kendari menuju Andoolo begitupun sebaliknya sama sama tidak ada yang mau mengalah. Akhirnya kendaraan mereka bertemu tepat dilokasi longsor yang menyisahkan jalan yang cukup sempit yang hanya bisa dilewati satu kendaraan roda empat. Pada akhirnya terjadi kemacetan,”bebernya.

Untungnya, lanjut dia, kemacetan yang mulai terjadi pada pukul 08.00 Wita pagi tadi itu bisa teratasi dengan menggerakkan beberapa personil anggota Lantas Polres Konsel  untuk mengatur lalulintas kendaraan dengan tertib.

“Saat mendapatkan laporan dari beberapa mastarakat, kami dengan sigap, langsung cepat mengarah ke TKP dan dalam waktu yang tidak begitu lama kemacetan sudah bisa kita atasi,” katanya.

Ia mengimbau, seluruh pengendara baik roda dua maupun roda empat untuk berhati hati dalam berkendara, tertib berlalulintas serta memperhatikan rambu jalanan.

“Mengingat cuaca kurang baik, saya menghimbau pengendara agar lebih berhati hati. Karena saat ini jalan dalam kondisi licin dan perhatikan tanda tanda yang dipasang, itu untuk menghindari hal hal yang tidak kita inginkan,” tutup Izhak.


Reporter : Erlin

Terkini