Legislator Kota Palangka Raya Belajar Susun LKPJ ke Dewan Konsel

Reporter: Erlin

ANDOOLO – Anggota DPRD Kota Palangka Raya melakukan kunjungan kerja (kunker) untuk mempelajari penyusunan Laporan Keterangan Pertanggung Jawaban (LKPJ) ke DPRD Kabupaten Konawe Selatan (Konsel).

Dalam kunjungan tersebut, legiselator Palangka Raya diterima Wakil Ketua I DPRD Konsel Armal bersama legiselator lainnya di Kantor DPRD Konsel, Jumat, 14 Februari 2020.

Ketua DPRD Kota Palangka Raya Beta Suhendra menjelaskan, maksud dan tujuan kunjungan kerja ke DPRD Konsel untuk mempelajari tugas pokok dan fungsi (Tupoksi) Badan Anggaran (Banggar) dalam penyusunan LKPJ.

“Dan Badan Musyawarah terkait pejadwalan kegiatan kedewanan yang dilakukan anggota DPRD Kabupaten Konsel ini,” kata Beta Suhendra.

Sementara itu, penjelasan soal Tupoksi Banggar dalam penyusunan LPPJ ini disampaikan Ketua komisi I DPRD Konsel Nadira. Ia menjelaskan, bahwa penilaian LKPJ Kepala Daerah dilihat dari hasil audit BPK.

“Kepala daerah akan dinilai LKPJ-nya yang pertama kita lihat adalah hasil audit BPK. Kami tidak membentuk pansus karena selama 3 tahun ini Kabupaten Konsel telah meraih wajar tanpa pengecualian (WTP),” papar nadira.

Ditambahkan, anggota DPRD Konsel, Djoko Suprihatin, bahwa setelah LKPJ kepala daerah masuk, maka anggota DPRD melakukan rapat Bamus yang dipimpin Ketua DPRD untuk melakukan  pembahasan.

“Setalah melalui rapat Bamus, lalu LKPJ diserahkan atau dibahas melalui fraksi masing – masing, sehingga pada saat rapat paripurna dewan masing – masing fraksi memberikan tanggapan,” kata legiselatir Partai gerindra ini.

Turut ditambahkan anggota DPRD Konsel lainnya, yakni Wawan Suhendra bahwa rapat Bamus yang digelar DPRD Konsel setiap awal tahun juga membahas jadwal kegiatan berdasarkan aturaan aturan yang ada.

“Kemudian kami melakukan rapat Bamus per masa sidang untuk membahas kegiatan kegiatan yang telah di laksanakan,” papar anggota DPRD dari Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa ini.

Atas pemaparan tersebut, Wakil Ketua I DPRD Konsel Armal berharap apa yang disampaikan dapat bermanfaat. Tak lupa, Ia juga berterimakasih kepada DPRD Kota Palangka Raya yang memilih kunker ke DPRD Konsel.

“Semoga apa yang disampaikan anggota DPRD Konsel dalam kunjungan kerja hari ini dapat bermanfaat. Kami juga meminta maaf jika ada kekurangan dalam penyambutan kunjungan kerja tersebut,” tutupnya

Iklan Pangdam Ucapan Selamat kepad Kapolda