oleh

KPU Konsel Serahkan Sertifikat Akreditasi Pemantau JPPR

Reporter : Erlin

ANDOOLO – KPU Konawe Selatan (Konsel) serahkan sertifikat Akreditasi Pemantau Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Konsel 2020, pada Pemantau Jaringan Pendidikan Pemilih untuk Rakyat (JPPR) Konsel.

Dengan tetap memperhatikan protokol covid-19. Penyerahan Sertifikat Akreditasi Pemantau Pemilihan Bupati dan Wabup Konsel 2020 diserahkan langsung oleh Ketua KPU Konsel, Aliudin yang diterima langsung oleh Koordinator JPPR Konsel, Yusran, disaksikan oleh Ketua Bawaslu Konsel, Hasini, Sekretaris KPU Konsel Aila serta Empat Anggota Komisioner KPU Konsel lainya. Bertempat di Aula KPU Konsel, pada, Senin 31 Agustus 2020.

Ketua KPU Konsel, Aliudin mengatakan penyerahan sertifikat akreditasi kepada pemantau ini,menunjukkan bahwa KPU Konsel welcome terhadap hadirnya pemantau JPPR Konsel.

“Setelah diberikannya sertifikat akreditasi hari ini, saya berharapa semua pemantau dapat bekerja sesuai tupoksi dan peran serta para pemantau, agar dalam tahapan pilkada dapat bekersama dengan baik,” ujar aliudin saat menyampaikan sambutan.

Kata Aliudin, keterbukaan dan transparansi ini menjadi sebuah keutamaan.Dengan adanya keterlibatan secara langsung oleh pemantau JPPR Konsel bisa menjadi sarana untuk instropeksi bagi penyelenggara.

“Harapan saya kerjasama ini adalah untuk menyukseskan Pilkada, kita bersama-sama berjalan, bersama mengawal dalam koridor dan menjunjung tinggi netralitas kita,” harapnya.

Selain itu, dengan adanya sinergi antara penyelenggara pemilu dengan lembaga pemantau pemilu terakreditasi ini, dapat menguatkan proses demokrasi sehingga partisipasi pemilih pada Pemilu mendatang akan meningkat.

“Untuk menyukseskan Pemilu dengan cara mengawasi kinerja penyelenggara pemilu dan juga peserta pemilu agar sesuai dengan ketentuan perundang-undangan yang ada. Saya ingin kita bersama menekan semaksimal mungkin menghindari pelanggaran pemilu dalam setiap tahapan,” tegasnya.

Ditempat yang sama, Ketua Bawaslu Konsel, Hasni mengatakan peran dan partisipasi masyarakat sipil dalam pengawasan atau pemantauan jalannya proses demokrasi merupakan hal yang sangat penting. Peran pemantau dalam pengawasan pemilu menjadi salah satu dan indikator kualitas penyelenggaraan pemilu yang demokratis.

“Saya apresiasi kepada sahabat-sahabat pemantau JPPR Konsel yang begitu kompak berpatisipasi dalam pemilu ini, saya berharap dapat bekerjasama dengan baik, pemantau sangat penting dalam mengawasi,” pangkasnya. (2/2)

Terkini