Konsel Siapkan Rp 4 Miliar untuk Cegah Corona

Reporter: Erlin / Editor: La Ode Adnan Irham

ANDOOLO – Pemerintah Kabupaten Konawe Selatan (Konsel), Sulawesi Tenggara (Sultra) menyiapkan anggaran Rp 4 Miliar untuk pencegahan dan penanganan virus Corona (Covid-19).

Duit itu akan digunakan bertahap, misalnya untuk membeli alat pendeteksi suhu badan, Alat Pelindung Diri (APD), tangki penyemprot dan masker. Setelah itu akan digunakan untuk yang lain.

Lanjut Surunuddin, sampai saat ini di Konsel kasus Covid-19 baru masuk tahap Orang Dalam Pemantauan (ODP). Data awal berjumlah 25 orang, bertambah jadi 41 dan sekarang sisa 38.

Tiga orang dinyatakan aman setelah melewati 14 hari pemantauan. Jumlah itu diperkirakan terus menurun.

Surunuddin menjelaskan, untuk memutus mata rantai penyebaran virus corona pihaknya telah mengintruksikan camat dan kepala desa serta lurah, untuk melakukan penyemprotan disinfektan di fasilitas-fasilitas umum di wilayah masing-masing.

“Anggarannya menggunakan dana desa,” ungkap Surunuddin Dangga kepada sejumlah wartawan, saat ditemui di rujab bupati. Jum’at, 27 Maret 2020.

Lanjutnya, diperlukan sinergitas di wilayah Konsel yang sangat luas terdiri dari 25 kecamatan dan 336 desa serta 15 kelurahan. Jika tidak ada sinergi, akan butuh waktu lama melakukan penanganan.

“Mulai besok kita juga akan melakukan menyemprotan disinfektan di pasar-pasar,” paparnya.

Iklan dalam Berita Ana Wonua Distributor Oli Total