oleh

Kejari Konsel Gelar Lomba Pidato Perdana di Hari Bakti Adhyaksa 2020

Reporter : Erlin

ANDOOLO – Kejaksaan Negeri (Kejari) Kabupaten Konawe Selatan (Konsel) menggelar Lomba Pidato Tingkat SLTP/SLTA atau Sederajat dalam rangka memeriahkan Hari Bhakti Adhyaksa ke-60. Lomba ini merupakan lomba perdana yang dibuat selama merayakan Hari Bhakti Adhyaksa di aula Kejari.

Kepala Kejaksaan Negeri Konsel, Afrilliyana Purba mengatakan kegiatan tersebut mengacu pada aspek peningkatan kualitas iman, ilmu dan pengabdian yang dilakukan dalam bentuk lomba dengan mengangkat tema “Terus bergerak dan berkarya”.

Pramuka

“Peserta lomba di tuntut untuk dapat menciptakan suatu pidato dalam durasi 10 menit yang mempunyai makna tentang Kejaksaan dengan tema terus bergerak dan berkarya,” ucap Afriliyana Purba saat ditemui diruang kerjanya, Senin 20 Juli 2020.

Suasana Lomba Pidato di Aula Kejari Konsel

Wanita Kelahiran binjai 30 april 1968 ini, menjelaskan tujuan dari Lomba Pidato ini dari para siswa secara khusus adalah para siswa dapat meningkatkan minat dan bakatnya dalam menulis dan menggungkap sesuatu yang ia lihat, dengar dan rasakan selama hidupnya serta membawa citra positif terhadap diri, sekolah dan keluarganya.

sedangkan tujuan secara umum, kata dia, agar para siswa yang merupakan gerbong utama dari suatu generasi muda yang mempunyai posisi dan peran strategis dalam pembangunan yang akan menentukan arah dan tujuan suatu negara dimasa datang, artinya masa depan suatu bangsa dan negara ditentukan dari kesiapan dan kemampuan serta kualitas dari para siswanya.

Menurut dia, bagi Kejaksaan menggelar dengan melibatkan pihak lain supaya secara umum Kejaksaan dapat mengintrospeksi diri dengan melakukan perubahan-perubahan atau inovasi-inovasi untuk meningkatkan kinerja Kejaksaan kedepan sebagai sebuah Lembaga Pemerintah yang melaksanakan kekuasaan negara di bidang penuntutan serta kewenangan lain yang diberikan oleh Undang-Undang.

Aprilliyana juga menambahkan total anggaran dalam kegiatan tersebut kurang lebih dari Rp 10 juta. Kegiatan ini peserta tidak dipungut biaya pendaftaran. Peserta yang menabg lomba akan diberikan hadiah berupa uang tunai dan penghargaan baik itu yang juara maupun peserta.

“Untuk juara satu, hadiahnya Rp 2 juta tambah penghargaan. Juara kedua, Rp. 1,5 juta tambah penghargaan. Sedangkan untuk Juara ketiga, Rp 1 juta ditambah penghargaan,” urainya.

Suasana Lomba Pidato di Aula Kejari Konsel

Sementara untuk tim juri lomba, kata Afrilliyana, pihaknya bekerja sama dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Konsel. “Untuk tim juri, kami datangkan dari Dinas PK Konsel,” ujarnya.

Ambo Sakka, Salah satu Guru di SMP Negeri 23 Konsel yang mendampingi siswanya dalam lomba tersebut mengapresiasi Kejari konsel karena telah menggelar lomba pidato dalam peringatan HBA ke 60 tahun 2020.

“dengan adanya Iven di Kajari Konsel,ini sangat memberikan ruang kepada siswa-siswi untuk berkreasi, sebab kreatifitas dimasa sekarang ini sangat dibutuhkan. Untuk itu saya mewakili sekolah SMPN 23 Konsel memgucapkan banyak terimakasih kepada Kejari Konsel,” ungkapnya.

Sementara itu, Berkah Dedris Aplia, salah satu peserta lomba dari SMA Negeri 23 Konsel berharap kegiatan lomba pidato itu bukan menjadi lomba yang pertama dan terakhir. Ia meminta kepada Kejari Konsel agar terus menggelar lomba kedepannya.

“Semoga Kejari Konsel terus berinovasi dan terus mengadakan perlombaan,” pintanya.

Terkini