oleh

Hadiri HUT Kolono Timur, ini Pesan Wabup Konsel

ANDOOLO – Wakil Bupati (Wabup) Konawe Selatan (Konsel), Arsalim Arifin menghadiri peringatan terbentuknya Kecamatan Kolono Timur yang memasuki tahun ke tiga, di Lapangan Sepak Bola Kecamatan, Minggu (4/2/2018).[sg_popup id=”8″ event=”onload”][/sg_popup]

Kedatangan Wabup Konsel, Arsalim Arifin disambut dengan peragaan seni pencak silat khas daerah yang diperagakan oleh remaja dan sesepuh Kecamatan Kolono Timur.

Mengawali sambutannya, Arsalim menjelaskan, mengingat sejarah pembentukan Kecamatan Kolono Timur merupakan pecahan dari induknya Kecamatan Kolono membutuhkan proses perjalanan yang sangat panjang dan penuh perjuangan, dimana pengajuan di mulai pada tahun 2006 tapi berhasil direalisasikan setelah tahun 2014.

“Sangat berat, karena pada waktu itu masih berlaku moratorium terkait pelarangan pemekaran desa, kecamatan dan kabupaten, tapi karena perjuangan yang gigih bersama tokoh masyarakat, DPRD, bupati dan saya selaku Kepala Bappeda masa itu dengan membantu mendorong agar menjadi kecamatan definitif, Alhamdulillah hasilnya bisa kita rasakan sekarang,” ungkap Arsalim.

Lanjut Arsalim, tiga tahun lamanya pengurusan register selalu dijanjikan untuk dikeluarkan baik dari provinsi hingga Pemerintah Pusat. Nanti setelah dirinya jadi Wabup, register kecamatan mulai diurus kembali dengan bertemu langsung Dirjen.

“Itupun menghadapi berbagai hambatan, dan akhirnya patut disyukuri register kecamatan dari kementerian bisa keluar bersamaan dengan Kecamatan Sabulakoa dan Andoolo Barat,” tuturnya.

Terkhusus Kecamatan Kolono Timur, tambah Arsalim, dirinya mengingat hingga kini kode nomor register pemekarannya, yakni 74.05. 23. Pemekaran dilakukan agar pelayanan warga bisa lebih mudah dan terjangkau, serta pembangunan bisa merata.

Lanjutnya, setelah proses yang sangat melelahkan tersebut, Arsalim mengajak masyarakat untuk bersama membangun Kecamatan Kolono Timur di semua lini. Apalagi sudah dimasukkan dalam APBD 2018 untuk percepatan pembangunan infrastruktur wilayah, termasuk kantor kecamatan dan rumah jabatan, serta fasilitas lainnya.

“Ini semua untuk terwujudnya masyarakat sejahtera dan sesuai visi misi kami menjadikan desa maju Konsel hebat,” harapnya.

Selain itu, Arsalim juga sangat mengapresiasi pemerintah dan warga Kecamatan Kolono Timur Karena pertama kalinya kegiatan hari jadi tersebut diselenggarakan dengan meriah dan berbagai macam kegiatan.

“Semoga menjadi role model bagi kecamatan lainnya, dimana inisiatif dan kreativitas seperti ini sangat bermanfaat untuk mempererat tali silahturahmi kita semua,” jelasnya.

Tambahnya, apalagi Kecamatan Kolono Timur termasuk wilayah strategis dan diakui di tingkat nasional yang dibuktikan dengan masuk dalam program Kawasan Prioritas Pembangunan Pedesaan Nasional (KPPPN) dari 18 Kab se-Indonesia.

“Ini suatu kebanggaan tersendiri buat kita semua sehingga percepatan pembangunan dapat terealisasi sesegera mungkin,” tutupnya.

Reporter: Erlin
Editor: Jubirman

Terkini