oleh

Bupati Konsel Maraton untuk Pantau 4 Objek Proyek Sekaligus dalam Sehari

ANDOOLO – Selama masa baktinya yang sudah memasuki dua Tahun, Bupati Konsel, Surunuddin Dangga, dikenal hobby blusukan dengan selalu mengunjungi satu-persatu wilayah kerjanya.

Dirinya mengecek langsung kondisi Program Kerja di lapangan dan warganya. Selain itu, ia juga memberikan teguran kepada para Pegawai, Kepala Desa, maupun pihak rekanan yang bekerja tidak benar.

Sentuhan dan gaya kepemimpinannya itu kembali diperlihatkan, ketika melakukan Kunjungan Kerja terhadap empat objek pekerjaan dengan lokasi yang berbeda, dengan jarak berjauhan secara marathon, yang di laksanakan hanya sehari dan didampingi Kepala Dinas Pekerjaan Umum (Kadis PU) Konsel, Ichsan Porosi serta para Kabidnya, pada Sabtu (20/1/2018).

Adapun Objek pekerjaan yang dikunjungi kali ini, dimulai dari pengecekkan pengaspalan ruas jalan darat dari Desa Tanea Kecamatan Konda sampai Desa Sanggula Kecamatan Moramo Utara, lanjut ke Desa Lawoila di Kecamatan Konda untuk melihat kondisi Sungainya yang akan di normalisasi.

Selanjutnya perjalanan dilanjutkan ke Desa Lamokula Kecamatan Moramo Utara yang juga akan dibuat pengendali banjir dengan cara membuat sodetan, dengan membelah gunung atau membuat sungai buatan untuk memperlancar mengalirnya air ketika dimusim penghujan.

Kunjungan di akhiri dengan melihat perkembangan pekerjaan ruas jalan Lapuko Kecamatan Moramo sampai Desa Tambolosu Kecamatan Laonti yang sedang dikerjakan, karena sesuai janjinya jalan tersebut harus dilalui kendaraan minimal pertengahan Tahun 2018 ini.

“Saya inginkan program Pemda berjalan dan dilaksanakan dengan benar, termasuk memonitoring langsung berjalannya proyek ini, sehingga mengetahui hambatannya dan mencari solusinya,” kata Surunuddin ketika diwawancarai maksud dari kunjungannya ke empat lokasi tersebut.

“Kalau saya pantau langsung seperti ini, bisa diketahui apa saja yang dibutuhkan dan langkah-langkah tepat apa yang perlu kita ambil untuk kelancaran pelaksanaan program ini, dengan tidak melupakan pekerjaan administrasi lainnya,” sambungnya.

Tempat yang sama, Kadis Pekerjaan Umum Pemkab Konsel, Ichsan Porosi menjabarkan, proyek pengaspalan Ruas Jalan Tanea hingga Sanggula sepanjang kurang lebih 20 Kilometer, telah dimulai akhir Desember 2017 lalu dengan besaran anggaran berkisar Rp 46 miliar yang bersumber dari APBD Pemda Konsel yang kemungkinan akan ditambah melalui pinjaman daerah dari kucuran kredit perbankan tahun ini.

“Untuk normalisasi Badan Sungai Desa Lawoila Kecamatan Konda dengan cara mengeruk sedimen yang menutupi sungai yang menyebabkan terjadinya banjir, proyek akan dikerjakan tahun ini dengan target kelar di bulan Mei mendatang, karena mengantisipasi banjir pada musim penghujan yang biasanya berlangsung di bulan tersebut, dengan pendanaan bersumber dari DAU kurang lebih satu miliar,” ungkapnya

“Keseluruhan kegiatan tersebut akan dikebut pengerjaannya Tahun 2018 ini, kita harapkan selesai sesuai target dan keinginan Pak Bupati akan terus kita pantau dengan melaporkan secara berkala kepada beliau sebagai pimpinan teratas,” tutup Ichsan.

Reporter: Erlin
Editor: Kardin

Terkini