oleh

Bupati Konsel Lantik 26 Kades Terpilih di Empat Kecamatan

Reporter: Erlin
Editor: Kardin

KOLONO – Bupati Konawe Selatan (Konsel), Surunuddin Dangga di dampingi Wakil Bupati, Arsalim Arifin melantik dan mengambil sumpah jabatan 26 Kepala Desa (Kades) terpilih se-Kecamatan Lainea, Laeya, Kolono dan Kolono Timur. Jum’at (24/01/2020).

Pelantikan Kades dilaksanakan di dua tempat berbeda, di mana untuk Kecamatan Lainea dan Laeya berlangsung di Aula Kantor Camat Lainea, sedangkan wilayah Kecamatan Kolono dan Kolono Timur di lapangan Sepak Bola Kecamatan Kolono.

Pada kesempatan itu, Surunuddin mengatakan, pemerintah harus mengambil keputusan walaupun terjadi riak-riak akibat Pilkades serentak yang menurutnya biasa terjadi karena berbeda pilihan dan pandangan.

Dikatakannya, terkait sengketa Pilkades, ia menyarankan melalui jalur hukum dengan tetap menjaga ketertiban, sekaligus berpesan kepada yang terpilih agar merangkul seluruh elemen masyarakat dan mengakhiri rivalitas politik agar pembangunan desa dapat berjalan baik.

Katanya, kepala desa merupakan bagian dari hierarki pemerintah daerah yang dapat dikatakan jabatan spesial karena masa kerja enam tahun serta bisa menjabat tiga periode atau 18 tahun.

Olehnya itu imbuhnya, kepada para Kades yang baru dilantik agar memprogramkan kerjanya selama enam tahun ke depan dan menuangkannya dalam RPJMDes lengkap dengan target dan indikator kegiatan serta selalu membangun sinergi antar pemerintah desa, kecamatan dan kabupaten.

“Para Kades dalam merumuskan program kerjanya agar tidak aneh-aneh, namun harus mengakomodir kebutuhan masyarakatnya dan sejalan dengan program emerintah kecamatan dan kabupaten, sehingga tercapai pembangunan berkualitas menuju terwujudnya Desa Maju Konsel Hebat,” tegasnya.

Ia juga berpesan, agar para Kades dapat menjaga integritas, wibawa dan kehormatan sebagai pelayan masyarakat dengan merubah pola kepemimpinannya dan langsung turun ke masyarakat untuk menyelesaikan permasalahan dengan sistem melayani bukan dilayani.

“Mari emban tugas dan tanggungjawab dengan sebaik-baiknya dan menunjukkan kinerja maksimal sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku, sehingga roda pemerintahan dapat berjalan hingga akhir periode dengan baik,” tandasnya.

Mengakhiri sambutannya, mantan Ketua DPRD Konsel ini, juga menghimbau agar PKK turut mengambil peran dalam pembangunan di desa masing-masing serta memerintahkan Kades untuk memporsikan Dana Desa dalam kegiatan PKK dalam mendorong pembangunan bangsa.

“Selamat bertugas, semoga dapat menjalankan amanah rakyat dan negara serta menjadi terdepan dalam membangun daerah. Saya juga menyampaikan terima kasih kepada seluruh masyarakat atas dukungannya dalam menjaga ketertiban, sehingga pelaksanaan Pilkades berjalan aman, lancar dan kondusif,” pungkas Surunuddin.

Adapun Daftar Nama Kades yang dilantik hari ini berdasarkan SK Bupati Nomor 141/27 Tahun 2020 diantaranya:

Wilayah KecamatanLaeya;

Kades Laeya: Haerudin, Kades Torobulu: Nilham, Kades Ombu-ombu Jaya: Purwo, Kades Aepodu: Sultan Mujaya, Kades Labokeo: Suriyadin, Kades Ambesea: Edy.

Wilayah Kecamatan Lainea;

Kades Watumeeto: Rusli, Kades Aoreo: Anas, Kades Pangan Jaya: Munaji, Kades Matabubu Jaya: Jumadil, Kades Bangun Jaya: Masrin, Kades Lainea: Aris, Kades Lalonggombu: Umar Malik, Kades Molinese: Sinarudin.

Wilayah Kecamatan Kolono;

Kades Matandahi: Baharuddin, Kades Wawooso: Jimansar, Kades Meletubmo: Saldin, Kades Andinete: Asmin, Kades Waworano: Suleman, Kades Puupi: Erwiansyah Mangidi, Kades Langgowala: Usman, Kades Sarandua: Harapik, Kades Lamapu: Abdul Rasyid.

Wilayah Kecamatan Kolono Timur;

Kades Ngapawali: Awaluddin, Kades Langgapulu: Ikbal, Kades Ampera: Haristan.

Terkini