oleh

120 JCH Asal Konsel Berangkat ke Arab Saudi Hari Ini

-KONAWE SELATAN, NEWS-96 dibaca

Reporter : Erlin

MAKASSAR – Sebanyak 120 Jemaah Calon Haji (JCH) asal Kabupaten Konawe Selatan (Konsel) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) tiba di Asrama Haji Sudiang Kota Makassar, Selasa (23/7/2019) sekitar Pukul 14.30 Wita.

Rencananya, JCH asal Konsel yang tergabung dalam Kelompok Terbang (Kloter) 24 akan diberangkatkan ke menuju Jeddah, Arab Saudi, hari ini Rabu (24/7/2019), sekitar Pukul 14.00 Wita.

Sekretaris Daerah (Sekda) Konsel, Drs Ir H Sjarif Sajang M.Si bersama Kakanwil Kemenag Provinsi Sultra, Dr H Abdul Kadir M.Pd mengantarkan para JCH hingga ke Asrama Haji Sudiang Kota Makassar.

Untuk selanjutnya, JCH diserahkan kepada Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Makkasar yang akan memberangkatkan para JCH menuju Jeddah.

BACA JUGA :

Kakanwil Kemenag Sultra, Abdul Kadir menyebutkan untuk Kloter 24 asal Sultra berisi JCH asal Kabupaten Konawe berjumlah 165 JCH, Kota Kendari 107 orang, Konawe Selatan 120 orang, Konawe Utara 49 orang, dan Muna Barat sebanyak 8 orang.

“Jumlah keseluruhan JCH sebanyak 447 orang, dan ditambah tenaga pendamping sehingga total Kloter 24 sebanyak 455 orang,” ungkapnya.

Dari jumlah 455 JCH, kata Kadir, untuk JCH pria berjumlah 188 orang atau 41 persen, dan JCH wanita sebanyak 267 orang atau 59 persen.

Ia juga menyebut, masa tunggu jemaah haji di Sultra sudah menembus angka 38 ribu lebih. Untuk jumlah yang telah diberangkatkan hingga tahun 2018 sebanyak 2.026 JCH.

“Untuk yang akan mendaftar ibadah haji tahun ini akan menunggu 19 tahun kedepan. Inilah kita harus bersyukur,” tambahnya.

Selain itu, Kadir juga berpesan agar JCH harus bersabar ketika tiba di tanah suci dan fokus dalam beribadah, serta kepada petugas, pembimbing, medis, ketua rombongan untuk tidak mengedepankan urusan pribadi anggotanya.

“Kebersamaan di tanah suci harus dijaga. Saling membantu ketika berada di tanah suci. Jaga nama baik JCH Indonesia. Doakan keselamatan diri, anak dan keluarga, negeri dan daerah serta pemimpin kita,” tutupnya.

Sementara itu, Kepala PPIH Embarkasi Makassar, Alimuddin mengungkapkan jika dirinya mengapresiasi perhatian pemerintah provinsi, kabupaten dan Kemenag asal Sultra terhadap para JCH.

Usai menerima JCH Sultra, PPIH Embarkasi Makkasar melakukan pemeriksaan kesehatan, pengecekan barang bawaan, pemantapan manasik, pemantapan tugas panitia, makanan, dan kebutuhan ihram sebelum berangkat. (B)

Terkini